Prinsip pengoperasian alternator Genset

Uncategorized

Arus bolak-balik (arus bolak-balik) adalah arus listrik yang mengalir melalui suatu rangkaian. Jika arus listrik mengalir dari kutub positif ke kutub negatif dalam rangkaian arus searah, arus listrik kadang-kadang akan berpindah dari satu kutub ke kutub lainnya.

Arah arus bolak-balik menghasilkan nilai saat ini, yang kadang-kadang positif dan negatif. Seperti yang ditunjukkan dalam diagram, nilai AC menciptakan gelombang sinus dengan nilai frekuensi yang diberikan.

Jenis arus AC tergantung pada generator yang dihasilkannya. Generator AC beroperasi dengan prinsip yang sama dengan generator arus searah elektromagnetik (lihat artikel DC). Hanya ada satu komponen yang menghasilkan daya AC, yang menghasilkan daya AC. Cincin geser adalah bagian yang tidak terpisahkan. Alternator menggunakan cincin geser lingkaran penuh yang berbeda dari generator cangkok cincin tunggal. Pertimbangkan secara rinci komponen utama dari sebuah alternator:

Sebelum beralih ke generator arus bolak-balik, kami mengklarifikasi hukum Faraday tentang induksi elektromagnetik dan konsep dasar yang digunakan dalam generator. Hukum Faraday menyatakan bahwa ketika medan magnet dalam koil berubah, motor listrik dipengaruhi oleh tenaga motor listrik (EMF). Ketika kumparan kawat terhubung ke sirkuit tertutup, arus listrik mengalir di sirkuit.


Memahami hukum Faraday, aturan hukum yang diperkenalkan oleh John Ambrose Fleming tidak dapat dihindari. Sebagai aturan, nyala api barat membantu untuk menentukan arah vektor dari tiga komponen hukum Faraday, seperti arah medan gulungan kawat, arah medan magnet dan arah arus listrik. Jika Anda mensimulasikan posisi tangan kanan, seperti pada gambar di atas, arah ibu jari (momen), kursor akan menunjukkan arah medan magnet, dan jari tengah akan menunjukkan arah arus.

Setelah kembali ke rangkaian arus bolak-balik di atas, generator rotor ditenagai oleh kawat penguat persegi panjang. Setiap ujung kawat jangkar terhubung ke cincin logam yang disebut cincin. Karena cincin selip ini adalah bagian dari baling-baling, baling-baling berputar dengan baling-baling. Bagian integral dari slip ring adalah perbedaan antara generator arus bolak-balik dan arus searah. Generator DC menggunakan cincin pembagi sebagai penyearah, dan cincin kontak adalah lingkaran penuh dan terhubung ke setiap ujung armature.

Di sisi stator, generator terdiri dari dua magnet dengan kutub yang berbeda. Di area yang terhubung langsung ke ring selip, stator dilengkapi dengan sikat karbon yang menghubungkan arus listrik yang dihasilkan oleh kawat penguat ke sirkuit eksternal generator.

Kawat jangkar ABCD dapat berputar di sekitar sumbu a-b dan berpusat di sekitar medan magnet N-S. Putar kabel jangkar dari sumber eksternal berlawanan arah jarum jam, seperti yang ditunjukkan. Torsi ini menghasilkan torsi ke arah tegak lurus ke kawat jangkar.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*